Senin, 07 November 2016

struggle

halo para saintis muda!
buat mahasiswa, terutama anak Brawijaya pasti udah ngga asing sama yang namanya PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). secara dari maba udah dicekokin sama berbagai info, ajakan hingga paksaan (?) buat bikin PKM. tbh, awalnya aku ngga begitu tertarik soalnya aku lebih memilih jalan hidup sebagai mahasiswa organisatoris daripada akademisi wkwk. walaupun seiring berjalannya waktu, aku mulai paham kalo PKM ngga melulu tentang hal hal yang berbau "akademis" tapi lebih daripada itu.
emang bener ya, tak kenal maka tak sayang.

selama aku kuliah, alhamdulillah udah tiga kali nyusun PKM (walaupun yang satunya pas maba dan aku ga begitu niat hehe) dimana dua diantaranya didanai sama DIKTI. di pendanaan PKM tahun 2014, aku ikutan PKM-PE (Penelitian Eksakta) tentang test kit tiosianat.
tenang aku ngga bakal jelasin detail tentang penelitian ini. aku paham, kalian dengan kapasitas otak seperti itu ngga bakal ngeh wkwk. kidding.
intinya kita bikin alat test sederhana buat mendeteksi kandungan tiosianat yang diekresikan melalui urine (iya bener, pipis) manusia. selain mendeteksi ada engga nya, kita juga bisa tahu berapa kadarnya. dari situ kita memonitoring apakah orang tersebut berpotensi menderita GAKI (Gangguan Akibat Kekurangan Iodium) atau engga.

 
T2 (ti-tu)
nah yang pink pink itu bukan ibu ibu bhayangkari lo ya wkwk. itu team PKM ku yang diketuai sama Yulia. dan PKM ini bener bener juara banget (walaupun gak masuk PIMNAS). tiap kali kita ngelab kita sampe pulang di atas jam 12 malem. bener bener strong banget dah. bukan karena kita ngga bisa bagi waktu apa engga fokus pas ngelab, ya tapi mau gimana. kita masih banyak banget kuliah dan praktikum. baru bisa ngelab ba'da maghrib dan itu pun yang dikerjain banyak haha :")

kita berlima tuh campuran golongan darah A, B, O sama AB. walaupun katanya goldar gak pengaruh ke sikap, tapi masing-masing kita emang sesuai sama karakter yang banyak disebut sebut (cocoklogi detected). pembagian tugas pun keliatan banget kalo aku team hore wkwk.
ama, yulia sama jamilah adalah "peneliti", kalo aku sama romy adalah "designer". masalah substansi ilmu aku gak begitu ikut ikut. tugasku cuman memastikan team penjawab (aku bagian presentasi) siap dengan segala pertanyaan yang mungkin bakal diajuin. jadi aku cuman baca laporan, ppt terus melontarkan berbagai pertanyaan buat kita diskusi in bareng.
selain jadi si-tukang-nanya kerjaanku sama romy berkutat diseputar design kemasan, ppt sama video. emang keliatan remeh, tapi bikin stres luar biasa. hal hal yang membutuhkan kreativitas tinggi kayak gitu (cieh) harus didukung dengan mood yang bagus. tapi gimana bisa kita punya mood yang bagus kalo tiap hari kita kurang tidur, tugas dan laporan bejibun sama banyak rapat kepanitiaan?
silahkan bayangkan sendiri gimana pressure bikin design disaat udah mepet deadline, tapi lagi ga mood sama sekali karena terlalu lelah.

walaupun sangat berat dan ngga bisa dipungkuri ada saat saat dimana kita saling bersitegang, tapi alhamdulillah kita cukup kompak sampai akhir. dan di PKM ini aku belajar bahwa ngga semua perjuangan membawa kita ke hal yang kita inginkan. biar udah ngelab sampe tengah malem, lelah lahir batin, jerawat bermunculan, tapi kita ngga dapet rezeki buat ke PIMNAS hehe.
kecewa pasti. tapi aku meyakini, apabila yang selalu kita semogakan tidak dapat kita genggam, berarti hal tersebut bukan yang terbaik. ya, sesederhana itu.

pada tahun berikutnya, pendanaan 2015, aku berkesempatan buat ikutan PKM lagi.
awalnya aku cuman iseng soalnya temen sekelas aku lagi butuh orang. akhirnya aku masukin nama rizal juga buat bantu bantu masalah transportasi wkwk. maklum di PKM yang sekarang kita ikutan PKM-T (Teknologi) yang mengharuskan kita bolak-balik ke mitra (Balitkabi-Kendalpayak). PKM ini fokus pada penerapan test kit sianida pada sampel singkong. prinsipnya sama kayak PKM aku sebelumnya, cuman ini yang dideteksi kandungan sianida (iya yang mendadak tenar gara gara Jessica-Mirna).
dan di PKM inilah yang paling penuh drama dan pesan moral.

Solusi Mirna Team

team kita ada lima orang, rizal-luluk-malik-noerma-aku dengan dosen pembimbing Bu Hermin (dosen pembimbing PKM-ku yang sebelumnya juga). setelah proposal PKM telah terupload, alhamdulillah kita berhasil lolos ke tahap pendanaan DIKTI. selanjutnya, pihak UB mengumpulkan ketua kelompok yang didanai buat pembekalan. dan ini merupakan awal mula team kita dipandang sebelah mata. yaaa mungkin mereka ngga bermaksud seperti itu, tapi kita ngerasanya gitu hehe.
pas pembekalan ada salah satu mentor yang nyeletuk,

'wah, ini pas pendanaan, matanya juri ditutupi sama malaikat. jadi Balitkabi-nya gak kebaca'

jadi ternyata pada umumnya mitra yang dibantu dalam PKM-T ini adalah UKM, bukan badan pemerintahan apalagi "Balai Penelitian" yang terkesan bukan lembaga profit. menurut hemat saya, dosen itu ngomong,

'kalian beruntung'

melupakan masalah kita emang sekedar beruntung atau emang program ini bagus, toh kita udah didanai. so, kudu kerja.
penerapan teknologi ini juga bukan perkara mudah. kita kudu bolak balik Balitkabi dengan jalanan yang super padet a.k.a macet! selain itu, bisa dibilang mitra kami bukan "orang sembarangan". beliau Kepala Laboratorium Kimia Pangan, lulusan UGM. singkatnya orang punya pendidikan formal lah. beliau bukan tipe mitra yang mau asal pake teknologi kita atau ngasih saran sekedar saran. kita sering dimarahin atau kena evaluasi soalnya pas ditanyain jawaban kita ngga memuaskan sebagai calon sarjana sains. galak abis euy! walaupun tiap kali ketemu beliau kita sport jantung, kita banyak belajar. gimana ilmu teoritis kita diterapin sampe etika dalam bermitra atau bekerja sama dengan instansi pemerintahan mencakup pelaporan berkala sampai perjanjian kerjasama.     

Balitkabi Crew ft. Solusi Mirna Team

selain tekanan dari mitra yang menuntut teknologi kita seakurat mungkin, kita bertiga (yang cewek cewek) juga lagi ngejalanin tugas akhir. jadi segalanya bener bener nguras tenaga dan pikiran.
dalam sehari kita kudu ngelakuin dua hal sekaligus. paginya (jam kerja dinas) kita ke Balitkabi buat nerapin test kit ke berbagai varietas singkong yang ada disana. balik ke kampus kita masuk ke lab masing-masing buat penelitian tugas akhir. gak jarang luluk sama noerma baru balik ke kos jam 6 pagi, tidur bentar, ngolah data penelitian, nyusun progress report buat dosbing tugas akhir, ketemu dosen jam 9 pagi, dilanjutin nyiapin laporan monev, dan begitu seterusnya. gila kan.
belum lagi kalo jadwal buat seminar proposal dan seminar hasil deketan sama monev. seinget aku minggu minggu monev internal univ itu pas sama minggu minggu kita semhas. bahkan H-1 semhas aku malah masih sibuk bikin ppt buat monev haha. kalo PKM yang sebelumnya "Strong", yang sekarang "Super Strong".

di monev internal yang pertama (di fakultas) kita ketemu sama dosen yang diawal bilang "ditutupi sama malaikat". dan kita bener bener dihabisin masalah mitra yang "tidak tepat". meskipun dosen-ditutupi-malaikat ini sempat kita pikir memandang kita sebelah mata, tapi ngga bisa dipungkuri beliau sangat solutif dan realistis. kita disaranin buat cari mitra profit sampingan tapi tetap yang dinaungin sama Balitkabi biar keliatan kalo teknologi yang kita terapin emang meningkatkan profit. sarannya emang bagus, tapi waktu kita buat monev internal yang kedua (universitas) udah kurang satu minggu lagi -,- dan itu udah mendekati seminar hasil tugas akhir.
tapi setelah dirundingin sama Bu Hermin, kita sepakat buat tetep istiqomah sama Balitkabi sesuai dengan judul proposal yang udah didanai. mau dibilang ngga tepat atau gimana pun, kita ngga mau melenceng dari tujuan proposal kita. karena kita menganggap yang butuh teknologi kita emang Balitkabi. bukan yang lain.
tetep istiqomah sama mitra kita, bukan berarti kita ngga kudu putar otak buat bikin laporan sama bahan presentasi. kita tetep kudu ngerombak substansi di ppt agar reviewer or juri paham kalo Balitkabi bukan semata mata instansi penelitian pemerintahan yang non-profit.

di monev eksternal yang kedua (universitas), reviewer nya makin parah. dengan segala daya dan upaya buat ngerombak bahan presentasi sampai merelakan untuk tidak fokus ke seminar hasil tugas akhir kita (padahal buat masa depan ini yak hiks), kalimat pertama yang keluar dari beliau adalah,

'saya sulit merekomendasikan kalian ke PIMNAS'

DEG. JLEB.

sejujurnya kita mendadak hopeless dan ngga semangat sama sekali. mungkin kita memang sebenarnya tidak terlalu berambisi buat lolos PIMNAS. tapi siapa sih yang ngga pengen lanjut ke PIMNAS kalo PKM udah didanai? udah gitu, topik tentang sianida ini juga udah tiga tahun dari PKM-PE, PKM-KC (Karsa Cipta) dan sekarang PKM-T. dan yang bikin down lagi pas nilai dari reviewer keluar terus di share di grup PKM MIPA, nilai kita adalah nilai yang paling rendah dari team yang lain dengan point per aspek penilaiannya sangat minim. SO SAD.
biarpun down karena ngerasa failed di kedua monev itu, kita ngga nyerah disitu aja. kita inget inget lagi saran dari reviewer, kita ke Balitkabi lagi cari data dan informasi, kita rombak (lagi) ppt, dan dengan kurun waktu yang sangat minim (kurleb 1 minggu) akhirnya kita siap buat monev eksternal!
  
jadi kalo monev eksternal ini reviewer nya dari DIKTI dan penilaiannya digunakan buat penentuan team PKM yang lolos ke PIMNAS. menurut desas desus, biasanya reviewer udah ngantongin nama nama team yang direkom sama UB karena pas monev internal team tersebut "menjanjikan". kalo emang bener kayak gitu, nasib PKM kita mah tewas. ibarat aborsi, dimatikan karena tidak diinginkan (dalam kasus ini lo ya maksudnya).
tapi sekali lagi, menyerah dan putus asa adalah hal yang engga bisa berkawan sama kita. sebodo amat orang mau bilang apa, kita tetep bakal berusaha sebaik baiknya.

mendekati monev eksternal, seperti yang lainnya, ritual kepo profil reviewer adalah agenda wajib yang kita lakukan untuk memprediksi pertanyaan pertanyaan yang mungkin muncul. reviewer kita adalah Bapak Dhany Arifianto salah seorang dosen teknik fisika ITS. menurut informasi dari Google, beliau dulu pas SMA nilai ujian akhir matematika dan kimianya mendapat nilai hampir sempurna. tapi nilai fisikanya cuman 7. hal ini yang bikin beliau penasaran sama fisika dan memutuskan buat kuliah teknik fisika.
dari cerita itu aku mikir, ada berapa banyak sih orang jaman sekarang yang suka take a challenge and face the risk? keren.

pelaksanaan monev eksternal kacau banget di ruang kita. soalnya ngga ada urutan maju yang jelas dan jadinya amburadul. sempat terjadi baku hantam, eh lebay, adu mulut juga antar peserta terkait siapa yang maju duluan. tapi menurutku emang salah peserta monev nya sih yang datengnya seenak udhel. hasshh.
pas kita nunggu giliran presentasi sambil ngeliat kelompok yang lainnya, beliau Super Banget #bukansahabatsuper. kalo nanya detail banget sampe ke akar akarnya, sampe bikin kita ketar ketir dan belajar mati matian gak lupa sambil selalu merapal doa doa agar diberi kemudahan.
nah pas giliran kita maju, beliau masih tetep galak (apa karena udah buka puasa ya jadi makin on wkwk) tapi ngasih saran buat PKM kita yang emang pas banget sama kelemahan test kit sianida kita. setelah selesai monev, kita sama sekali ngga ada bayangan bakal lolos PIMNAS atau engga. selain itu kita juga udah mulai teralihkan sama kesibukkan tugas akhir. PIMNAS tinggal menjadi angan yang selalu kita semogakan dalam sujud kita.

habis lebaran, LCAMIA (Low Cost and Automated Method & Instrumentation Analysis), lembaga penelitian Bu Hermin yang ikut menaungi penelitian tentang test kit sianida, ngadain makan makan plus foto bareng sama semua anggotanya. pas makan makan semua pada nanyain masalah PIMNAS dan akhirnya jadi keinget lagi :")
sejujurnya kita 50:50 gitu. ya pengen lolos, tapi ya ngga pengen #yooposeh. kayak yang diawal aku udah bilang, kalo udah didanai ya siapa sih yang ngga pengen lolos PIMNAS. tapi kita juga mikir pelaksanaannya deket sama sidang kompre tugas akhir kita. kan galau jadinya.
sampe pada akhirnya, sore itu juga, kita dapet pengumuman kalo lolos PIMNAS. awalnya kita ngga percaya soalnya informasi yang didapet juga kayak ngga meyakinkan gitu. setelah diklarifikasi sama pihak rektorat, ternyata bener kita lolos pimnas :")

dengan segala kerempongan dan masa masa karantina yang suram (air panas yang mati, WC un-poop-able, revisi naskah skripsi maupun laporan dan ppt PIMNAS) akhirnya kita siap berangkat ke PIMNAS 29 di IPB!

Kontingen UB
    
di PIMNAS pun, bisa dibilang kadang kita merasa terkucilkan haha. bukan mau judge other faculty ya, tapi karena MIPA jadi minoritas (cuman dua team) jadi berasanya gimana gitu. udah cuman dua, PKM kita terkesan "menang hoki" lagi wkwk. balada sih emang, kita sebagai fakultas yang emang teoritis banget lumayan susah buat berkarir di ajang PKM. ujung ujungnya biasanya kita stuck di PKM bidang penelitian eksakta. emang harusnya kita jago sih di bidang itu, tapi minus nya adalah kita sulit membahasakan penelitian kita. orang awam kadang suka susah nangkep. gampangnya,

'ngomong tentang opo seh iki?'

tapi, susah bukan berarti tidak mungkin lo yaa. ada beberapa team dari MIPA yang pernah lolos PIMNAS dan bahkan dapet medali kok.

back to PIMNAS.
proses registrasi pun gak kalah dramatis. seakan ikut serta dalam mendukung PKM yang dari awal udah drama banget ini. pas kita mau registrasi poster, ternyata poster yang dicetak masih salah. rizal sebagai PJ poster langsung kalang kabut dan nemuin pihak official UB. beberapa jam belum ada kabar, akhirnya rizal balik sama poster kita yang udah bener. alhamdulillah.... rasanya lega banget. ternyata UB nge print lebih dari satu dan yang cadangan itulah poster yang udah bener. masih registrasi udah ada aja kejadian. setdah.
pas penilaian poster, yang jagain cuman satu dan si itu si rizal. jadi kita cuman bisa nungguin dan doain dari samping tempat penjurian.


kaos kuning andalan Brawijaya



batik team MIPA #1

penjurian poster PIMNAS

habis penilaian poster, kita masuk ke ruangan buat penjurian presentasi. menurut luluk dan noerma yang sebelumnya udah pernah ikut PIMNAS, paling oke kalau dapet giliran maju pas akhir akhir.
jam satu siang tepat juri udah mulai dateng dan mbuka acara. gila on time banget! (biasa kalo di UB suka ngaret ga jelas hehe).
juri-juri di kelas ini juga idaman banget.
mereka sangat obyektif (menurut kami) dan membuka wawasan. mereka adalah orang-orang hebat kesekian yang aku temui :")
dan ternyata kita belum berkesempatan buat presentasi di hari pertama.

di hari kedua dengan doa yang senantiasa dipanjatkan, kita jadi kelompok terakhir yang tampil presentasi sebelum break ISHOMA siang. pas giliran kita maju, sempat ada trouble di pointer. jadi tiba tiba ppt nya gerak gerak sendiri gak karuan padahal ga ada yang mencet apa apa.
kali ini aku sebagai operator (dan ini adalah pilihan paling bego secara aku gaptek hiks), cuman bisa melempar senyum manis ke juri dan penonton seakan semuanya baik baik saja wkwk.
untungnya ada malik sama rizal yang masih berpikir jernih dan nyuruh aku nyopot wireless pointernya. untungnya lagi kejadian tadi ngga bikin luluk (presentator) jadi gugup atau pun nge blank.
aku juga udah biasa jadi operator (secara aku yang nyusun ppt wkwk), jadi presentasi kita lanjutkan kembali seakan tidak terjadi apa apa :D

karena emang jurinya obyektif banget, mereka memberikan tipe pertanyaan yang sama ke semua team.
juri A pasti nanyain apa yang baru atau berbeda dari teknologi kita kalau dibandingin sama yang udah ada.
juri B pasti nanyain apa spesifikasi teknologi yang kita buat.
juri C pasti nanyain gimana aplikasi di mitra dan bagaimana peran mitra.
pertanyaan yang sama untuk semua. fair enough I think.  
 
batik team MIPA #2
pas nunggu giliran presentasi
    
team PKM-T ft. Juri PIMNAS 29 IPB
para inovator muda

sebelum malam pengumuman, kita diajak jalan jalan sama official UB ke Kebun Raya Bogor.  sebelum bus berangkat, masuk notif ke hape aku dari grup line Kimia 2012. ternyata jadwal kompre kawan kawan! setdah baru juga lega habis presentasi eh malah ada lagi pikiran -,-
dan you know what, aku kompre hari senin. padahal sampe malang dari bogor aja hari sabtu.
Allahuakbar!
yaaaa walaupun ada info mendadak yang bikin bete, tapi sebodo amat lah. buat apa dipikir sekarang toh aku juga ga bisa nyiapin apa apa haha :")

Back to KRB.
karena emang Bogor macet abis, jadi waktunya sangat terbatas. akhirnya team kita milih buat ngga masuk ke KRB tapi nyari oleh oleh di sekitaran situ hehe. eh ngga disangka kita ketemu sama Pak Dhany. reviewer kita pas monev eksternal. dengan malu malu kita deketin bapaknya,

'Assalamualaikum Pak.. inget sama kami?'

'Waalaikumsalam.. lo ya inget dong'

weee subhanallah bapaknya inget kita wkwk. setelah ngobrol sedikit kita lanjut sama sesi foto foto hehe.

with Pak Dhany A. (ITS)

singkat cerita, pas malem pengumuman ternyata kita ngga dapet rezeki medali di bagian poster. kita udah makin pesimis aja. tapi alhamdulillah kita masih punya rezeki di bagian presentasi.
BRONZE MEDAL yeaaaah!
selain itu, UB juga dari Juara Umum!!

yaaaay!
celebration
with Bramara
we're chemist!

akhirnya, penelitian tiga tahun tentang sianida pecah telor juga. FYI, dari PKM-PE, PKM-KC sampe PKM-T team sianida selalu lolos pimnas loo. hanya saja ini kali pertama mendapat medali. alhamdulillah... #sujudsyukur
rasanya segala sesuatu terbayar sudah dengan berbagai drama selama PKM sampai PIMNAS.
aku bersyukur banget bisa ada di perjuangan ini.
kenal sama yang namanya gak menyerah walaupun dipandang sebelah mata.
kenal sama yang namanya berjuang sampe titik darah penghabisan (oke ini lebay).
dan kenal sama orang orang yang hebat disetiap prosesnya.

the medal
kita bawakan medali ini buat semua saintis muda yang banyak dipandang sebelah mata karena dianggap terlalu teoritis. selamat pagi para juara!

---
 
'meminta boleh, tapi jangan memaksa. karena kita tidak punya pengetahuan tentang apa yang terbaik untuk kita' - Ust. Yusuf Mansyur      

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Jadi pengen pimnas lagi. Kangen ke riwehan persiapan dan kesibukan yg membahagiakan :)

    BalasHapus