Minggu, 22 Maret 2015

The Goldilocks Zone

pernah tau tentang The Story of Goldilocks and the Three Bears?
kalo belum pernah tau coba deh baca di sini dulu hehe
di situ diceritakan tentang seorang gadis kecil bernama Goldilocks yang memilih segala sesuatu yang pas. ngga panas, juga ngga dingin. ngga besar, juga ngga kecil. pokoknya semuanya serba pas.
dan nama Goldilocks pun digunakan sebagai nama sebuah zona di galaksi kita. sama kayak cerita di atas tadi, zona Goldilocks adalah zona dimana letaknya tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat dengan sebuah sistem solar (matahari) disuatu galaksi. zona yang "pas" ini memungkinkan air tetap berada dalam bentuk cairnya dan adanya air yang melimpah menandakan adanya suatu kehidupan. dan di zona itulah Bumi kita berada. sebuah planet dengan segala kehidupan dan keberkahan di dalamnya.

namun, biarpun kita sudah hidup nyaman di Bumi kita, di Zona Goldilocks kita, masih saja banyak orang yang melakukan penelitian hingga ekspedisi untuk mengirim pesawat tanpa awak (dan bahkan pesawat yang membawa explorer) untuk mencari tempat tinggal baru yang serupa dengan Bumi kita.
ada apa dengan Bumi kita? ada apa dengan Zona Goldilocks kita? ada apa dengan zona "nyaman" kita?
dan alasan yang bisa tak simpulin dari berbagai sumber adalah "Manusia memiliki siklus hidup-mati. manusia saling berganti di atas Bumi. namun Bumi kita tetap sama. Bumi kita sudah berubah, Bumi sudah semakin tua. kita harus mencari tempat baru dan memulai hidup yang baru"
dan pertanyaannya adalah, "salah karena apakah Bumi kita berubah? berubah menjadi tidak senyaman dulu?"

kalau kita zoom in ke kehidupan kita, pasti kita juga memiliki yang namanya Zona Goldilocks, zona pas, zona nyaman. entah dengan keadaan, dengan lingkungan, dengan waktu, atau dengan seseorang. dan ketika kita sudah "pas" dengan berbagai hal tersebut, "berbagai hal" itu ngga akan menjadi jaminan buat kita tetep berada di situ. terkadang yang "pas" bakal jadi "ngga pas" seiring berjalannya waktu. ngga pas. berubah. dan perubahan itu, sadar atau ngga, dikarenain diri kita sendiri. orang yang berada di zona itu.

segala hal yang berhubungan dengan perasaan bukanlah sesuatu yang kekal. coba kalo emang kekal, pasti ada yang nawarin jasa asuransi perasaan. tapi buktinya, pernahkah kita menjumpai suatu agen asuransi yang berani menjaminkan suatu perasaan? menjaminkan sebuah hubungan akan terus menyamankan? menjaminkan perasaan yang ngga akan pernah berubah? menjaminkan tidak akan terjadi "kepatahan hati"? ngga bakal pernah ada. dan sama halnya dengan itu, jangan pernah menjanjikan apa yang sebenarnya kita sendiri tidak tau atau ragu.
menjanjikan rasa nyaman seterusnya.
menjanjikan menjaga perasaan.
atau menjanjikan tidak akan berubah.
tapi janjikan pada diri sendiri, untuk selalu belajar. belajar lebih baik buat ngehadepin apa yang bakal terjadi di depan.

dan sekarang, aku lagi nunggu. nunggu seseorang yang nantinya bakal aku sambut dengan,
"welcome to the Goldilocks Zone" 

 

3 komentar: