Kamis, 07 Februari 2013

bekas

sebelum tulisan ini dibuat, aku bener bener ngalamin kegalauan tingkat dewa.
kenapa? karena aku pengen banget nulis tapi ngga tau harus nulis apa. udah dibantu sama gulung gulung di kasur, meditasi sambil ngemil, tetep nihil.

Dan akhirnya, ilham buat nulis aku dapet hari ini #jingkrakjingkrak

Hari ini aku beli jamu di kios deket Pasar Besar Kota Malang. Bukan karena aku adalah salah satu penggemar jamu, tapi entah kenapa aku pengen banget nyobain yang namanya jamu. Seumur umur aku ngga pernah minum yang kayak begituan. Walaupun jamu yang notabene nya “kacangan” atau bahasa baiknya rasanya katanya enak, aku tetep ogah deket deket apalagi minum itu.


Tapi ada yang berbeda pada hari ini. Aku pengen nyoba sesuatu yang sebelumnya sangat aku, hmmm, hindari. Begitu sampe di kiosnya, mataku menangkap patung emas kucing yang tangan kanannya gerak gerak. Aku yakin kalo dia bisa ngomong, pasti dia bilang, “ayo sini.. ayo siniii..”. refleks otakku langsung mikir, ni pasti punya orang cina. Dan benar.  FYI, setelah browsing sebentar namanya sih Maneki Neko. Kata kakak ipar ku Maneki itu patung, Neko  itu kucing. Entah benar atau aku hanya dikibuli, kita lanjut saja ._.
Aku kira pada awalnya, jamunya tuh kayak yang di botol gendongan ibu ibu bersewek. Tinggal nyebutin mau jamu apa atau buat apa, terus tinggal soooorrrr. Udah. Tapi ternyata enggak! Jadi jamunya itu bentuknya bubuk di toples toples kaca. Warnanya pun kayaknya sama semua. Coklat item ngga jelas gitu. Bener bener ngga meyakinkan pokoknya.
Setelah menyebutkan pingin jamu apa, ngga langsung dibuatin. Tapi ditanya tanya dulu. Aku jadi curiga ni penjual lagi jual jamu apa wawancara pegawai -,- nah terus si ibu ambil gelas, menyendokkan bubuk-coklat-item-tidak-meyakinkan dari beberapa toples, menambahkan madu dan air terus diaduk. Aku yakin banget itu bukan larutan tapi suspensi. Masalahnya bubuk-coklat-item-tidak-meyakinkan itu tidak menjadi homogen ketika dicampur air #sotoy

Larutan suspensi itu keliatan pait banget. Tapi dengan santainya kakak iparku bilang ‘”biasa aja kok. ngga pait”. Oke, awalnya aku terpaksa percaya. Setelah larutan suspensi- coklat-item-tidak-meyakinkan  itu dimasukkan ke plastik, ternyata dikasih satu permen merah. Mungkin rasa strawberry #abaikan.  Aku semakin curiga dengan rasa dari suspensi- coklat-item-tidak-meyakinkan itu. Kalo emang tuh suspensi- coklat-item-tidak-meyakinkan rasanya ngga pahit, kenapa kudu dikasih permen cobaaa?? Dan dengan santainya (lagi) kakak iparku bilang “itu bonus”. Huoooooo -_-

Di sepanjang perjalanan pulang, aku tetep rewel sambil tidak habis pikir kenapa aku bisa mau beli dan nantinya (mungkin) bakal aku minum. Mungkin aku baru saja dirasuki setan jamu gendong, huft. Sampai rumah pun aku mengulur ulur waktu buat minumnya. Mau mandi dulu lah, beresin kamar dulu lah, makan dulu lah, macem macem. Sebenarnya sekeras apa pun usahaku mengulur waktu, tetap aja nantinya juga aku harus minum.

Sebelum prosesi minum suspensi- coklat-item-tidak-meyakinkan berlangsung, aku kudu nyiapin semua penangkal racun pait. Aku siapkan segelas air putih, gula secukupnya, dan permen merah “bonus” tadi. Aku tuang dengan khidmat ke gelas kecil, aku aduk aduk dengan perlahan, terus... aku diem. Aku masih belum siap! Kakak iparku udah bawel nyuruh cepet minum keburu tambah ngga enak. Aku aduk aduk lagi, terus... aku taruh lagi. Galau banget pokoknya. Sampai pada akhirnya dengan mengucap Bismillah saya buka pameran ini #lo. Serius. Aku minum tuh suspensi- coklat-item-tidak-meyakinkan. Baru nyampe setengah aku udah mual. Rasanya GAK ENAK PAKE BANGET. Langsung aku taruh dan minum air putih banyak banyak. Harusnya, aku minum langsung biar cepet habis. Tapi apa daya. Rasanya terlalu dasyat untuk habis sekali minum -,- untuk memulai lagi, ngga kalah galau. Dengan berbekas trauma dari minum yang pertama tadi, aku nyoba buat ngehabisin. Setelah perjuangan dengan berbagai mual dan bau yang ngga enak, akhirnya habis juga! Dan aku sangat heran ketika ternyata aku belum tewas #sujudsyukur. Langsung aku minum air putih, makan gula, terus makan permen merah “bonus”.

Sampe aku nulis ini, rasanya masih membekas di lidah dan pikiran. Dasyat banget emang.

Kemudian aku mikir. Ini mungkin ya hidup. Ada hal hal yang tidak ingin dan bahkan kita hindari untuk kita lakukan atau terjadi. Ya karena memang hal hal tersebut terkesan “tidak enak”. tapi yakin aja, akan ada "permen bonus" setelah yang ngga enak. bukankah Allah juga sudah menjanjikan akan ada kemudahan setelah kesulitan? :)

Suatu saat kita memang harus keluar dari zona nyaman kita buat ngehadepin apa yang ada di depan. dan biasanya yang diadepin itu hal sulit. Tinggal kita milih mau ngadepin sekarang atau nunggu entar kalo udah terjadi aja. karena terkadang apa yang seharusnya kita hadapi udah di depan mata. cuman kita ngerasa ngga siap karena kita ngga mau ninggalin zona nyaman kita sampai pada akhirnya kita di kick dari zona nyaman sama yang namanya kenyataan. Pada dasarnya yang perlu diperhatikan itu ngga salah persiapan. Kayak perang. Bukan senjata yang kita siapkan, tapi taktik apa yang kita siapkan dengan senjata yang kita punya.  

aku juga mikir : sama halnya dengan rasa enak, rasa ngga enak juga mbekas. misalnya kita dulu pernah jatuh terus luka. dan sampai sekarang bekas lukanya tetep ada. pilihanmu mungkin ada dua pas kamu ngaca dan liat bekas luka itu. kamu mau nginget rasa sakitnya, atau melupakan rasa sakitnya dan menjadikan pelajaran.

Dan lagi, ngga selamanya pilihan kita itu enak sama ngga enak. Bisa aja pilihan kita dua duanya enak atau malah ngga enak. Takdir memang sudah ada, tinggal beranikah kita mengambil jalan yang tidak berada pada zona nyaman kita?

this is it !



4 komentar:

  1. wowowow

    boleh2 nich blognya

    hmm, keren2 perlu sedikit tempaan agar semakin mantab

    tpi pesan moralnya itu yang penting

    BalasHapus
  2. nah kan pesan moralnya di analogi kan, wkwkwkwk
    mohon bimbingannya hehehe

    BalasHapus
  3. tekok ngombe jamu ae entuk pelajaran,super sekali,.hahaha

    BalasHapus
  4. Eehhmm, berdasarkan deskripsimu itu, berasa jadi "kakak ipar" yg jahat plus innocent gtu ya gw..
    Makasii lho miik.. #jitak

    BalasHapus