Senin, 18 Februari 2013

yang terlewat


Akhir akhir ini bener bener ngga rileks. Blas.
Semua kepentingan pada ribet dan seakan teriak teriak minta diperhatikan dan diselesaikan.
Terkadang nyoba lari, tapi tetep aja ngga bisa.
Seberusaha apa pun lari, tetep aja pada akhirnya bakal kepikiran dan balik lagi.
Berlagak apatis, tapi yang tampak malah kemunafikan.
Ash.

Yap. Pikiranku emang lagi capek banget gegara hal hal yang sebenarnya emang aku pilih sendiri. Kesibukan yang hampir sama kayak pas aku pake seragam putih abu abu dulu yang bikin temen SMA ku bilang, “aku heran sampe sekarang mike belum gila” :’) Tiap harinya mesti ada aja yang didenger dan diketahui dari banyak sumber sampe bingung kudu “percaya” sama yang mana. Bingung kudu gimana. Bingung kudu nyoba nyelesein yang mana dulu.
Sampe suatu saat, aku ngomong ke temenku,


“ayo keluar. kemana aja. Pokoknya aku ngga mau di mipa sama di kimia”

Dan akhirnya tanpa sadar kita pergi sampe ke batu, ngenang masa masa “penjajahan”, keujanan, rewel nyari makan yang ujung ujungnya beli bakso deket kampus, pokoknya ngelakuin apa pun buat ngga mikirin semua urusan yang ada di kampus. Kita, atau lebih tepatnya aku, nyoba buat lari.

tempat bersejarah
Tapi toh pada akhirnya kita juga kudu balik lagi ke kenyataan. Kenyataan yang bikin aku frustasi lagi kayak sebelum “pelarian”ku. Karena itu sesegera mungkin aku nyelesein urusanKU dan kabur secepat mungkin. Tujuan kabur ku cuman satu pas itu : gazebo kimia (gazkim).

Pada awalnya sebenernya aku juga lagi ngga pengen ada disitu, tapi ternyata dari tempat itulah aku bisa seneng seneng. Pas itu kayak biasa, aku duduk duduk sambil ngobrol sama temen, kakak kakak tingkat sekaligus manfaatin wifi yang terbilang cukup banter. Biar pun udah jadi langganan aku di bully habis habisan sama mereka, pake acara ijab kabul an segala dengan penghulu jadi jadian mas helmy (mentang mentang ex ketua DPM FMIPA hehe), tapi toh itu tetep bikin aku bisa ketawa lepas. Dan tiba tiba ada yang nyayi,

Happy birthday to you. Happy birthday to you”

Ada mbak mbak sama mas mas 2009 yang bawa kue ultah ke gazkim. Ternyata salah satu mbak 2009, mbak nisa, ulang tahun. Weeee so sweet banget pokoknya. Tapi entah kenapa, setelah acara tiup lilin selese, mbak nisa keliatan malah bermuka asem + eneg. Ternyataaa, setelah melakukan sedikit interogasi sama mas yono selaku pacarnya mbak nisa, ada tradisi kalo ada yang ulang tahun, yang ultah kudu dan wajib makan makanan yang paling ngga disukai. Ngeliat mbak nisa berusaha nelen makanan yang aku sendiri juga ngga suka yaitu kikil, berasa geli sekaligus kasihan juga. Tapi aku cuman bisa ngedoain mbak nisa biar kuat ngadepin kikil #eh. Habis itu ada acara potong plus bagi bagi kue tart. Ngga lupa juga ada foto pas lagi penyerahan potongan kue. Berhubung aku lagi disitu dan kenal sama mbaknya, aku kebagian kue tartnya juga. Yaaaay! #jingkrakjingkrak.

happy birthday mbak nisa! :)
Honestly, krim ada bagian dari kue tart yang selalu jadi pilihan buat aku sisihin karena ngga begitu suka. Karena menurutku, rasanya terlalu manis dan bikin eneg. Tapi di hari itu, aku makan krim yang ada di potongan kueku. Semuanya. Bahkan temen sama kakak kakak tingkat yang pada ngga doyan sama krim pada akhirnya menghadiahkannya ke aku. How great! Bukan, bukan karena aku tiba tiba kerasukan terus doyan makan krim atau aku lagi dalam program penggemukan badan, tapi karena aku bener bener ngga mau ngelewatin sedikitpun sukacita itu. Aku nikmatin potong demi potong kue yang masuk ke mulutku sambil terus bersyukur aku ada disitu dan terbawa suasana sukacita yang bikin aku lupa rasa frustasiku. Krim yang biasanya manis tapi eneg, berubah jadi manis aja. Suara kunyahan, obrolan, tawa, bahkan sampai suara klik klik dari mouse berasa kayak melodi yang bener bener bikin tenang. Mungkin terkesan lebay, tapi itu yang aku rasain. Segala hal kecil yang biasanya terlewatkan untuk disyukuri ketika kita terlalu sibuk mengurusi hal hal yang kita anggap besar.

a pieces of cake
Ngga sampai disitu aja. Mbak nisa sama mas yono ngajak makan makan ke SS. Dalam rangka merayakan ulang tahunnya mbak nisa dan lulusnya mas yono sebagai S.Si. Awalnya aku galau mau ikut apa ngga. Soalnya jam udah nunjuk ke angka 7. Tapi temenku bilang, “ikut aja ayo”. Setelah ngirim sms ke ibuk kalo aku mau pulang malem, akhirnya berangkat juga ke SS. Keluar dari gerbang FEB UB kita, dua motor empat kepala, nunggu dulu. Motor yang satu berkepala 2011 pada sibuk bertindak konyol dan tertawa. Di satu motor yang lain, gegara temenku yang paling buaaaaaaaaaiiiiiiik (nemen) ngingetin lagi masalah yang udah udah, tiba tiba mataku jadi panas dan aku nangis. Ya ngga nangis lebay gitu cuman netesin beberapa butir airmata #alibi. Disaat itu dia kayak nyeret aku yang udah keenakkan lari sampe lupa kalau ada kenyataan yang kudu dihadepin nanti. Negesin lagi apa yang sebenernya harus dan ngga harus aku lakuin. Maksa aku buat kuat (biarpun sebenernya aku yakin dia ngga berniat kayak gitu). Ya sedikitnya aku sadar, malem ini emang kudu dinikmatin tanpa mikir yang lain lain biar nantinya dengan pikiran yang udah lumayan fresh aku bisa ngadepin hal hal yang sempet aku “tinggal”. Makasi buanyak lo udah bikin nangis (lagi), haha.

di SS 

1 komentar: