Selasa, 27 Desember 2011

♥ langit pelangi

dari dulu, mandang langit tu bikin seneng.
luasnya langit bisa ngilangin beban pikiran.
kata rifanda, langit ngga pernah mengecewakan orang yang melihatnya.

terkadang, kalau kita lagi beruntung, kita bisa liat pelangi.
salah satu fenomena alam yang sangat keren menurutku.
kata Wikipedia,
"Pelangi atau bianglala adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada horizon pada suatu saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras."



pelangi juga ternyata ada jenisnya.
1. Classic Rainbow : pelangi yang terdiri dari 7 warna (mejikuhibiniu) yang biasa kita lihat.
2. Circular Rainbow : pelangi yang terlihat seperti busur lingkaran sempurna (dengan radius tepat 42 derajat, menurut Descartes).
3. Secondary Rainbow : pelangi primer, sering disertai dengan pelangi sekunder yang biasanya tipis dan redup daripada pelangi primer. Pelangi sekunder terkenal dengan karakteristik tertentu: spektrum ditampilkan dalam urutan terbalik dari sebuah pelangi primer.
4. Red Rainbow : biasanya terlihat saat fajar atau senja ketika ketebalan filter atmosfir bumi menjadi biru. Hasilnya adalah pelangi dengan spektrum ujung merah sangat meningkat.
5. Fire Rainbow : nama yang benar untuk efek optik yang indah ini adalah “circumhorizontal arc”. Fenomena ini hanya dapat dilihat dalam kondisi spesifik tertentu: awan cirrus, yang bertindak seperti prisma harus setidaknya berada di ketinggian 20.000 kaki dan matahari harus menyorot ketika mereka berada di ketinggian 58-68 derajat. Rainbow Fire tidak pernah terlihat di lokasi lebih dari 55 derajat utara atau selatan.


ni foto dari classic rainbow. ngga begitu jelas sih sebenernya, tapi ni di deket rumahku.
a beautiful rainbow at the good time :)
 

2 komentar: